Pemdes Plantungan Yang Dulu Desa Tertinggal Menuju Desa Berkembang

Tidak ada komentar


Kepala Desa Plantungan, Endang Susana Memaparkan Pencapaiannya Saat Menjabat

Blora, TF.Com || Desa paling utara di Kabupaten Blora yang berbatasan dengan Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, selama 4 tahun kepemimpinan Kepala Desa Endang Susana, masyarakat Desa Plantungan merasakan berbagai macam program manfaat yang sebelumnya merupakan Desa Tertinggal.

Kepala Desa Plantungan, Endang Susana menyampaikan, selama menjabat Kades masyarakat antaranya memiliki air gratis bagi warga sebanyak 670 KK, program terinspiratif menyergap aspirasi masyarakat di setiap bulannya dengan cara arisan RT, Tahlilan dan pengajian, pembangunan madrasah dan siswa di gratiskan serta progam 1000 kambing warga Desa dengan undian tahun 2014 - 2023.

"Pengembangan program petani tebu dengan luas 85 Hektar warga Desa sebanyak dari 435 KK yang memiliki lahan Tebu 420 KK guna meningkatkan perekonomian warga Plantungan, program terkait kerukunan bermasyarakat, sambatan (gotong royong-red) bila tida ikut sambatan diberi sangsi sosial bila meninggal tidak boleh di pikul," terangnya kepada Teropong Fakta dirumah kediaman, Jum'at (26/05/2023).

Endang menambahkan, untuk kegiatan yatim piatu diberikan santunan dari dana RT per bulan sekali bagi yang membutuhkan, santunan bagi warga yang sakit di Rumah Sakit dan yang meninggal akan di berikan santunan dengan iuran minimal per KK Rp 10.000 rupiah.

Selain itu, Desa Plantungan juga mendapatkan bantuan Bedah Rumah sebanyak 15 titik dan Banprov dari PPP TA 2021 dan 2022 dari DPR Provinsi Abu Navi 2 titik saluran drainase dengan anggaran 300 juta yang masing-masing 150 juta, untuk TA 2022 ada 2 titik talud dan drainase dengan anggaran 230 juta.

"Sedangkan di tahun 2023 pembangunan Desa Palantungan meliputi Sanitasi Desa (Sandes) anggaran bersumber APBN sebesar 350 juta dan P3I saluran irigasi sebesar 200 juta tetapi belum terealisasi dikarenakan Desa mendapatkan SK stunting dan Desa tertinggal," ungkapnya.

Penerima bantuan Bedah Rumah, Wagimen pada tahun 2022 dengan anggaran 20 juta seneng menjadikan rumah lebih baik dan layak pakai dengan di kerjakan goyang royong di karenakan upah tenaga hanya 2,5 juta rupiah.

"Pengajuan tahun selemua di tahun 2020, di karenakan anggaran yang kurang jadi Pemdes Plantungan mengadakan goyang royong bersama masyarakat Plantungan sekitar penerima bantuan bedah rumah, terimakasih kepada semuanya," ucapnya.

(TF002/Sahid)

Tidak ada komentar

Posting Komentar