Sedekah Bumi, Uri-uri Budaya Yang Hanya Ada Dalam Satu Tahun Sekali

Tidak ada komentar

 


Gunungan Atau Tumpengan Hasil Dari Pertanian Sebagai Wujud Syukur Kepada Sang Pencipta

Blora, TF.Com || Tradisi Sedekah Bumi di Kabupaten Blora masih menjadi tradisi setiap tahun, yang umumnya di selenggarakan pada bulan Selo hitungan Jawa. Dengan menguri-uri budaya dan wujud syukur kepada yang maha pencipta menggelar Sedekah Bumi (Gasdeso-red) Desa Kalangan, Kacamata Tunjungan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Minggu (28/05/2023).

Acara dikemas dengan meriah, sebelum acara puncak di sendang setempat diadakan karnaval keliling Desa melibatkan perwakilan peserta setiap RT terlihat menampilkan dari hasil bumi sampai kesenian barongan.

Kepala Desa Kalangan, Moh Soleh menyampaikan, kegiatan festival seni budaya.

Desa kalangan mengadakan sedekah bumi dengan arak-arakan seni budaya mulai dari hasil-hasil pertanian dan seni budaya lainya.

"Acara ini diselenggarakan mulai tahun 2019 jeda 2 tahun karena adanya Covid-19, maka pada tahun 2022 sudah di laksanakan tapi belum sempurna dan tahun 2023 ini di sempurnakan," ucapnya.

Soleh menambahkan, setiap RT menyediakan tumpeng atau gunungan yang berisikan hasil pertanian karena di sini ada 9 RT dan setiap RT menyajikan karya dan kreasinya masing-masing.

"Semua ini Desa hanya memberikan dukungan, semua dari partisipasi, kreasi dari masyarakat yang ingin memeriahkan acara sedekah bumi ini," tambahnya.

Lanjutnya, arak-arakan setelah sampai Sendang setelah melalui posesi doa lalu di makan bersama-sama warga dan semua yang hadir di sendang ini untuk di nikmati bersama.

(TF002/Sahid)

Tidak ada komentar

Posting Komentar