SELAMAT JALAN, BANG HAJI KUSMAN

Tidak ada komentar


Serang, TF.com ||
Satu lagi seorang sahabat pergi mendahului, tepat di hari Jum’at 18 Agustus 2023. Beliau wafat di hari yang sangat baik dan indah, Jum’at. Hari yang menjadi impian bagi setiap muslim untuk mati, tentu saja muslim yang paham tentang keistimewaan hari Jum’at. Dan tidak setiap muslim akan mendapatkan keistimewaan tersebut di akhir kehidupannya. Tapi beliau telah mendapatkannya. Alhamdulillah. 

Bang Haji Kusman….., saya biasa memanggil beliau, bang haji.  

Seorang sahabat yang baik. Seorang sahabat yang sangat rendah hati. Seorang sahabat yang sudah membuktikan kinerjanya dalam mengumpulkan amalan jariah yang tidak akan pernah terputus yang akan dibawanya dalam kematian, dengan membangun sarana pendidikan bagi kaum dhuafa dan anak-anak yatim, melalui sekolah sederhana yang telah dibangun dan dirintis bersama istri tercinta, dan mengamalkan ilmu yang dimiliki untuk kecerahan masa depan murid-muridnya tersebut. 

Pastinya kumpulan do’a-do’a akan terus mengalir dari murid-murid abang, juga dari saya dan seluruh sahabat-sahabat abang, in sya Allah. 

Selamat jalan, bang haji Kusman. Semoga Allah Ta’alla bersihkan semua kesalahan dan khilaf abang haji semasa di dunia yang fana ini, dan arwah abang mendapatkan ketenangan di sisi-Nya. Aamiin ya Allah ya Rabbal’alamiin.

Saya dan teman-teman yang lain di sini juga kelak akan menyusul bang haji Kusman. Meskipun dengan segala kesombongan, keangkuhan, kebodohan, dan segala kelemahan lainnya yang kami jadikan sebagai pakaian kami sehari-hari, namun segalanya itu tetap berbatas, dengan kematian. 

Dengan segala kesombongan, keangkuhan, kebodohan, dan segala kelemahan kami ini, apakah kematian kami nanti akan datang di hari yang mulia, seperti mulianya hari kematian bang haji? Semoga,

Innalillahi wainna ‘ilaihi roji’uun

Allahummagfirlahu warhamhu wa’afihi wafu’anhu

Sahabatmu, H. J. Faisal

Jakarta, 19 Agustus 2023

(TF002/Akmal)

Tidak ada komentar

Posting Komentar