154 Warga Masih Ngungsi Akibat Kebakaran di TPA Rawa Kucing Tangerang , Banten

Tidak ada komentar


Tangerang, TF.com || 
Kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Rawa Kucing, Neglasari, Kota Tangerang, belum padam hingga hari ini. Kebakaran itu menyebabkan 154 warga harus mengungsi.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan ada dua lokasi pengungsian, yakni di Kantor Kecamatan Neglasari dan Gelanggang Olahraga (GOR) Neglasari.

"Titik pengungsian cuma ada dua. Di kantor kecamatan (Neglasari) sama di GOR kecamatan," ujar Arief saat dimintai konfirmasi, Senin (23/10/2023).

Dia mengatakan petugas terus melakukan upaya pemadaman. Arief berharap api bisa segera padam.

"Sekarang sih kondisinya dibantu water bombing tuh, dari BNPB, udah lagi kerja, terus sama teman-teman dari KLHK sudah bekerja, ya mudah-mudahan bisa maksimal semuanya," sebutnya.

Berikut rincian warga mengungsi per pukul 09.30 WIB hari ini:

Pengungsi di GOR Neglasari:

- 5 orang lansia

- 47 orang dewasa

- 22 orang anak

- 7 orang bayi

Pengungsi di Kantor Kecamatan Neglasari:

- 2 orang lansia

- 35 orang dewasa

- 20 orang anak

- 16 orang bayi

Sebelumnya, TPA Rawa Kucing di Kota Tangerang, Banten, terbakar sejak Jumat (20/10). Proses pemadaman dibantu BNPB.

"Rencananya Badan Nasional Penanggulangan Bencana akan mengirimkan satu unit helikopter water bombing," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangan, Sabtu (21/10).

Dia menjelaskan helikopter yang akan dipakai untuk water bombing itu direposisi dari penugasan dari Jambi. Pemadaman menggunakan water bombing diharapkan mempercepat memadamkan kebakaran di TPA Rawa Kucing yang berlokasi di Kelurahan Kedaung Wetan, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

"Penyebab kebakaran masih ditelusuri, tetapi cuaca ekstrem dan panas yang sangat terik membuat tumpukan sampah plastik menjadi sangat mudah terbakar. Diperkirakan sekitar 10 hektare lahan TPA terbakar dan hingga kini api masih terus membara di lokasi," kata dia.

(TF/Yanto)

Tidak ada komentar

Posting Komentar