Warga Cilegon Keluhkan PT Lotte, Perekrutan Karyawan Dinilai Tak Jelas

Tidak ada komentar


Cilegon, TF.com || 
Warga Kota Cilegon mengeluhkan proses perekrutan tenaga kerja di PT Lotte.

Sejumlah warga mengaku telah memasukan lamaran ke pabrik kimia tersebut, namun tak kunjung mendapatkan pemberitahuan atau notifikasi. 

Warga mengaku ingin mendapatkan kejelasan dari pihak perusahaan apakah bisa melanjutkan proses rekrutmen atau memang sudah ditolak. 

Keluhan dari warga itu disikapi oleh Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Faturohmi. 

Faturohmi menjelaskan, terkait rekrutmen yang dilakukan PT Lotte, selaku ketua Komisi II memeprtanyakan peran Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) karena banyaknya keluhan dari masyarakat.

Masyarakat mengeluh karena tidak ada notifikasi atau pemberitahuan apakah mereka bisa melanjutkan proses rekrutmen atau tidak karena tidak ada pemberitahuan,” ujar Faturohmi, Minggu 15 Oktober 2023.

Faturohmi mengimbau Disnaker agar melakukan langkah-langkah agar masyarakat bisa terakomodir secara proporsional sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Sementara itu, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja Disnaker Kota Cilegon Hidayatullah mengaku akan menyampaikan persoalan masyarakat itu ke PT Lotte.

“Akan kami sampaikan bahwa keinginan pencari kerja atau pelamar apabila ada pencari kerja yang melamar dan belum sesuai yang dibutuhkan atau tidak dapat mengikuti proses seleksi agar diinformasikan ke yang melamar,” paparnya.

Disnaker selama ini sudah mendorong warga masyarakat Cilegon dengan mengirimkan data yang ada di AK1 yang dibutuhkan oleh PT. Lotte tapi terkait dipanggil atau tidak nya, lulus atau tidaknya menjadi kewenangan pihak perusahaan. 

“Dan disnaker melalui rapat resmi dengan pihak perusahaan sudah seringkali mengingatkan dan meminta kepada HRD PT. Lotte agar memberikan kesempatan kepada masyarakat Cilegon yang memenuhi syarat dan kualifikasi pendidikan serta keahlian, pengalaman dan lain-lain sesuai kebutuhan perusahaan,” ujar pria yang akrab disapa Dayat tersebut.

(TF002/YT)

Tidak ada komentar

Posting Komentar