PENDIDIKAN IPS FKIP ULM MELAKSANAKAN SOSIALISASI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL DENGAN APLIKASI ANDROID UNTUK GURU IPS DI KOTA BANJARMASIN

Tidak ada komentar


Banjarmasin, TF.com || 
Program Studi S-1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa Sosialisasi Penerapan Media Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal dengan Aplikasi Android Untuk Guru IPS SMP di Kota Banjarmasin. Kegiatan ini bertempat di Ruang Laboratorium SMP Negeri 1 Banjarmasin. Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama MGMP IPS Kota Banjarmasin pada Jum'at, (30/08/2024).

Rangkaian Kegiatan pada acara tersebut diawali Pembukaan dan sambutan oleh Koordinator MGMP IPS Kota Banjarmasin, Bapak Zainal Abidin. Beliau menginginkan kepada Bapak dan Ibu Guru IPS agar bisa memanfaatkan teknologi aplikasi yang disosialisasikan ini untuk menjadi media pembelajaran IPS di sekolah masing-masing.

"Kegiatan Sosialisasi ini bisa membantu guru IPS dalam menerapkan media pembelajaran IPS di sekolah bapak dan Ibu, namun tetap menyesuaikan ketentuan sekolah yang memperbolehkan penggunaan Smartphone saat berlangsungnya pembelajaran di sekolah,” tutur Bapak Zainal Abidin.


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan presentasi tentang pengenalan dan demonstrasi penggunaan aplikasi yang disampaikan oleh Bapak M. Ridha Ilhami dan didampingi Saudara Yusup dalam menyampaikan simulasi penerapan media pembelajaran tersebut.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan media pembelajaran. Mata pelajaran IPS, yang erat kaitannya dengan konteks sosial dan budaya, dapat sangat diuntungkan dengan pengintegrasian kearifan lokal ke dalam media pembelajaran berbasis teknologi. Oleh karena itu, kegiatan sosialisasi ini diadakan untuk memperkenalkan dan mendorong penggunaan aplikasi Android sebagai media pembelajaran IPS yang berbasis kearifan lokal di kalangan guru IPS di Kota Banjarmasin.

"Kegiatan sosialisasi ini memiliki beberapa tujuan yaitu memperkenalkan konsep media pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal dengan aplikasi Android, kemudian untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru IPS dalam menggunakan aplikasi Android untuk pembelajaran dan mendorong integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran IPS melalui pemanfaatan teknologi serta meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran IPS di sekolah-sekolah di Kota Banjarmasin.” tutur Bapak M. Ridha Ilhami.

Sesi selanjutnya yaitu praktik langsung oleh peserta kegiatan dalam menggunakan media pembelajaran berbasis kearifan lokal kampung tematik di Kota Banjarmasin dengan menggunakan aplikasi android. 

Ibu Yulie Wardinah, satu diantara peserta kegiatan mengatakan “Kegiatan sosialisasi ini memperkenalkan dan mendorong penggunaan aplikasi Android sebagai media pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal. Para guru peserta menunjukkan antusiasme dan komitmen untuk mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam proses sosialisasi ini”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Dosen Wajib Mengabdi (PDWA) yang di selenggarakan secara rutin oleh Program Studi Pendidikan IPS FKIP ULM setiap tahun dan bermitra dengan MGMP IPS Kota Banjarmasin.

Penulis: Siti Julia, Siti Rahmaniah

Dokumentasi : Muhammad Aqiela Ramadhani, Muhammad Aufar Athala

(TF)


Tidak ada komentar

Posting Komentar